PROFIL SINGKAT PPID BAWASLU KABUPATEN PEKALONGAN

Bawaslu Kabupaten Pekalongan menilai bahwa keterbukaan informasi tidak hanya terkait dengan amanat regulasi atau undang-undang. Keterbukaan informasi bagian dari kewajiban yang memang harus dipatuhi. Sebab, publik memiliki hak atas informasi.

            Untuk itulah Bawaslu Kabupaten Pekalongan membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). PPID ini dibentuk untuk menjawab kebutuhan atas hak informasi publik. PPID Bawaslu Kabupaten Pekalongan terbentuk sejak tahun 2019. Pembentukan ini menyusul terbitnya peraturan Bawaslu Nomor 10 tahun 2019 tentang Keterbukaan Informasi. Atas ini, jumlah pimpinan Bawaslu Kabupaten Pekalongan sebanyak lima orang.

            Surat keputusan pembentukan PPID. Keputusan itu tertuang dalam Keputusan Ketua Bawaslu Kabupaten Pekalongan Nomor: ……/K.BAWASLU…./HK.01.01/V/2019 tentang pembentukan Tim Pelaksana PPID Bawaslu Kabupaten Pekalongan.

            Adapun struktur organisasi Pejabat Informasi dan Dokumentasi di Bawaslu Provinsi Jawa Tengah sebagai berikut:

1. Pembina;
Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Pekalongan

2. Tim pertimbangan PPID;
Anggota Bawaslu Kabupaten Pekalongan

3. Atasan PPID;
Kepala Sekretariat Bawaslu Kabupaten Pekalongan

4. PPID;
Pejabat eselon IV Bidang Data dan Informasi

5. Petugas informasi;
Staf yang ditugaskan PPID